Home Artikel domba Domba Merino Penghasil Wool dan Daging

Domba Merino Penghasil Wool dan Daging

17
0

Domba Merino berasal dari asia kecil. Domba ini berkembang biak di Spanyol, Inggris sampai Austria. Domba merino merupakan penghasil wool (halus) terbaik dengan Panjang rambut mencapai 10cm. produksi wool dapat mencapai 10kg wol per ekornya. Domba jantan bertanduk besar, kokoh dan kuat. Berat badan domba jantan antara 64-79Kg dan domba betina 45-57Kg. domba ini memiliki bentuk leher yang pendek. Penyebaran domba merino di daerah Texas, Mexico, California, Ohio, Lowa, Michigan, Pennsylvania, Barat Virginia, dan New York.
Saat ini domba merino hamper menyebar ke seluruh dunia. Ciri khas domba merino adalah berwarna puth mulus atau krem, domba betina tidak bertanduk, sedangkan jantan bertanduk besar dan berbelit. Ukuran badan termasuk kategori sedang, seluruh badah tertutup wool sampai ke muka, bentuk badan menunjukkan tipe wool badan ringan dan kulit longgar.


BULU MERINO YANG BERHARGA

Merino adalah jenis domba breeding yang bagus di dunia. Diperkirakan bahwa akun domba berbulu halus untuk lebih dari 50% populasi domba dunia. Anda tidak dapat mengunjungi Australia dan Selandia Baru karena hamper semua tempat bisa ditemukan domba Merino.
Merino modern dikembangkan di Australia, dan Australia memiliki industri wol paling maju di dunia. Meskipun menurun jumlahnya, Merinos masih terdiri lebih dari 50 persen dari kawanan nasional Australia. New South Wales adalah negara penghasil wol utama. Australia adalah pengekspor wol terbesar di dunia. Sebagian besar klip mereka ditakdirkan untuk China (~ 65%), tetapi serat kualitas terbaik langsung ke industri fashion (tinggi) di Italia.

AWAL MULA PENYEBARAN

Jadi, apa yang spesial dari Merinos dan wol mereka? Domba Merino berasal dari Spanyol selama Abad Pertengahan. Kekayaan Spanyol didasarkan pada domba Merino berbulu halus. Merinos adalah sumber daya yang dilindungi, sangat berharga sehingga merupakan pelanggaran besar untuk mengekspor seekor domba. Tidak sampai Napoleon menyerbu Spanyol sehingga dunia mendapatkan akses luas ke domba yang luar biasa ini.
Wol merino adalah kelembutan, terbaik di dunia. Fine berarti serat wol memiliki diameter kecil, biasanya kurang dari 22 mikron. Superfine dan ultrafine Merino wol bahkan lebih halus, kurang dari 15 mikron. Lebih halus wol adalah kemungkinan kecil untuk gatal. Pakaian yang terbuat dari wol Merino dapat dipakai dekat dengan kulit, meskipun wol Merino bervariasi dalam “faktor kenyamanan” (sifat terukur). Ya, itu mungkin untuk membeli pakaian dalam Merino!