Home Artikel aqiqah Doa Aqiqah sesuai Sunnah

Doa Aqiqah sesuai Sunnah

15
1
doa aqiqah sesuai sunnah

Melaksanakan apa yang diperintahkan, menjauhi apa yang dilarang dan tidak melakukan suatu yang tidak dicontohkan merupakan adab kita sebagai seorang muslim. Kita harus memiliki dasar sebelum melakukan suatu amalan. Entah itu dari para ulama atau dalil dalil yang tertulis. Dan kita harus menjadi seorang muslim yang cerdas dan cermat dalam memahami suatu permasalahan ibadah. Jangan kita taqlid buta, artinya kita mengikuti sesuatu tanpa tahu landasan dari amalan tersebut. Ini merupakan salah satu kiat kita agar amalan kita dapat diterima. Karena amalan yang tanpa berdasarkan nabi atau Allah, maka amalan tersebut tidak terima. Semoga Allah memudahkan kita untuk mempelajari agama islam.

Begitu juga dengan aqiqah, kita harus mengerti makna dan doa apa saja yang digunakan ketika kita beraqiqah. Pastikan doa doa tersebut telah diajarkan oleh Rasul, karena disamping itu merupakan syarat, itu juga menjadi tambahan pahala buat kita. Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad untuk beraqiqah tidaklah sulit dihafalkan. Pada dasarnya, doa aqiqah itu diucapkan ketika hendak disembelihnya kambing.

Doa Aqiqah sesuai Sunnah

Doa yang diucapkan sebelum menyembelih kambing ialah dengan menyebut nama Allah. Ini merupakan perintah Allah dalam al Quran. Firman Alloh Ta’ala : “Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu dan sebutlah nama Allah.” [Al-Maidah :4]. Dan juga disebutkan dalam ayat lain.  “Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya, sesungguhnya perbuatan semacam itu adalah suatu kefasikan.” [Al-An’am : 121]

Adapun petunjuk Nabi tentang tasmiyah (membaca bismillah) sedah masyhur dan telah kita ketahui bersama (lihat Irwaul Ghalil 2529-2536-2545-2551, karya Syaikh Al-Albani). Oleh karena itu, doa tersebut juga diucapkan ketika meyembelih hewan untuk aqiqah karena merupakan salah satu jenis kurban yang disyariatkan oleh Islam. Maka orang yang menyembelih itu biasa mengucapkan : “Bismillahi wa Allohu Akbar”.

Mendoakan Anak ketika Baru Lahir

Ketika anak kita baru lahir, kita dianjurkan mendoakannya agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan. Hal ini berdasar pada hadits nabi yang berbunyi Dari Abu Musa radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

“Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).

Ada juga doa untuk memohon perlindungan dan godaan dari syaitan. Hal ini berdasarkan pada Allah yang menceritakan tentang keluarga Imran yang melahirkan Maryam.

“Tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai Dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.” (QS. Ali Imran: 36).

Doa jika lahir anak Laki Laki

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهُ بِكَ وَذُرِّيَّتَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Doa jika lahir anak Perempuan

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Sebenarnya masih banyak lagi doa doa untuk anak yang baru lahir. Anda bisa memilihnya salah satu, dan Doa Aqiqah sesuai Sunnah salah satu diantaranya seperti yang tertera di atas.