Home Artikel aqiqah Syarat Aqiqah Anak Laki-laki dan Perempuan

Syarat Aqiqah Anak Laki-laki dan Perempuan

29
0
Syarat Aqiqah Anak Laki-laki dan perempuan

Pada umumnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara aqiqah laki laki dengan perempuan. Namun tentu saja masing masing jenis kelamin memiliki ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah. Terdapat perbedaan diantara keduanya, yaitu pada jumlah ekor kambing yang disembelih. Untuk bayi laki laki, kambing yang disembelih sebanyak 2 ekor, sedangkan untuk perempuan hanya 1 ekor. Namun dari ketentuan ini, masih terdapat perbedaan pendapat ulama, terutama jumlah kambing untuk laki laki. Ada yang memperbolehkan menyembelih hanya 1 ekor kambing, namun ada 2 kambing. Namun diantara keduanya, yang lebih kuat ialah 2 ekor kambing. Berikut ini adalah syarat aqiqah untuk anak laki laki dan perempuan.

Laki laki 2 ekor kambing, sedangkan perempuan 1 ekor kambing. Berikut ini adalah hadits yang menyatakan demikian.

  • Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad (2/31, 158, 251), Tirmidzi (1513), Ibnu Majah (3163), dengan sanad hasan].

عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ». قَالَ أَبُو دَاوُدَ سَمِعْتُ أَحْمَدَ قَالَ مُكَافِئَتَانِ أَىْ مُسْتَوِيَتَانِ أَوْ مُقَارِبَتَانِ.

  • Untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu kambing.” Abu Daud berkata, saya mendengar Ahmad berkata, “Mukafiatani yaitu yang sama atau saling berdekatan.” (HR. Abu Daud no. 2834 dan Ibnu Majah no. 3162. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَهُمْ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

  • Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki akikah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.” (HR. Tirmidzi no. 1513. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Namun ada juga ulama yang berpendapat bahwasannya memperbolehkan aqiqah dengan 1 kambing untuk anak laki laki. Perbedaan pendapat tersebut tentu saja didasarkan dengan hadits hadits yang diriwayatkan oleh sahabat dan para generasi salaf.
Dari Ibnu ‘Abbas berkata

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا.

  • “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).” (HR. Abu Daud no. 2841. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Akan tetapi riwayat yang menyatakan dengan dua kambing, itu yang lebih shahih)

Baca Juga Doa Aqiqah Sesuai Sunnah

Dari riwayat An Nasai

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا بِكَبْشَيْنِ كَبْشَيْنِ

  • Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing dua ekor gibas (domba).” (HR. An Nasai no. 4219. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadit ini shahih)

Hadits di atas yang dijadikan pegangan Imam Malik dan Imam Hanafi yang memperbolehkan mengaqiqahi anak laki laki dengan seekor kambing. Namun terjadi perbedaan pendapat dengan imam syafi’i dan imam hambali. Mereka berpendapat merupakan sebuah sunnah jika mengaqiqahi anak laki laki dengan 2 ekor. Namun hanya dengan 1 ekor pun juga boleh. Namun perbedaan pendapat ini jangan dijadikan kita sebagai permasalahan. Semua tergantung dengan anda, anda boleh mengikuti mana yang lebih afdhol. Anda bisa mengaqiqahi anak laki laki dengan 1 kambing maupun 2 kambing. Untuk anak perempuan, tidak terjadi perselisihan, semuanya telah terjawab dengan hadits nabi yang cukup dengan 1 ekor kambing.