Home Artikel aqiqah Hukum Aqiqah

Hukum Aqiqah

25
0
hukum aqiqah

Aqiqah merupakan suatu bentuk ibadah oleh umatnya yang ditujukan kepada allah sebagai rasa syukur atas segala yang diberikan kepada umatnya terutama yaitu kelahiran sang bayi yang dalam keadaan yang sehat pula.

Aqiqah merupakan proses penyembelihan hewan kambing ataupun domba yang dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan syariat islam. Dalam pelaksanaan ibadah aqiqah selain kita mengetahui apa – apa saja yang harus diperhatikan dalam melaksanakan ibadah aqiqah juga harus mengetahui Hukum Aqiqah.

Hukum Aqiqah Menurut Beberapa Ulama

Dalam setiap pandangan ulama, hukum aqiqah ini memiliki perbedan dalam pendapatnya para ulama. Hukum dari pelaksanaan indah aqiqah ini yaitu :

1. Menurut Hadis Shohih

Pendapat dari ulama yang paling kuat adalah pelaksanaan aqiqah ini hukumnya sunah muakad yaitu sangat di anjurkan untuk dilakukan dan jika tidak dilakukan tidak mendapat apa – apa. Sunah muakad ini sesuai dengan hadis – hadis dan juga merupakan banyak pendapat dari ulama bahwa hukumnya adalah sunah muakad.

2. Sunah dan Wajib

Menurut beberapa ulama hukum dari aqiqah ini yaitu sunah yang mempunyai arti jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapat apa – apa. Namun, beberapa ulama juga mengatakan bahwa aqiqah ini hukumnya adalah wajib yang artinya aqiqah ini harus dilaksanakan jika tidak dilaksanakan maka akan mendapat dosa.

Dan aqiqah ini sebaiknya dilakuan pada hari ke tujuh kelahiran bayi yang bertepatan dengan mencukur rambut sera pemberian nama pada bayi. Namun jika belum mampu maka bisa dilakukan saat sudah mampu.

3. Untuk anak dituanaikannya aqiqah merupakan sunah

Sunah merupakan pendapat yang paling banyak dari para ulama dan banyak orang juga yang meyakini bahwa aqiqah ini hukumnya adalah sunah muakad

4. Hukum wajib aqiqah

Dalam hukum suatu ibadah aqiqah ini selain mengatakan bahwa hukumnya sunah, namun beberapa ulama juga mengatakan bahwa aqiqah hukumnya adalah wajib. Jika orang tersebut ekonominya menengah ke atas termasuk dalam golongan tinggi maka dalam hal ini orang tua harus segera melakukan ibadah aqiqah sebaiknya pada hari ke tujuh.

Hikmah Dalam Melaksanakan Aqiqah

Hikmah yang bisa anda dapatkan saat melakukan ibadah aqiqah yaitu :

1. Melakukan sunah dari nabi muhammad SAW dalam meneladani dari nabi ibrahim A.S

Yaitu berdasarkan cerita dari nabi ibrahim yang rela menyembelih anaknya namun allah menggantikan anak dari ibrahim tersebut dengan kambing. Sudah sewajarnya kita sebagai umat muslim harus mengikuti akhlak para nabi.

2. Melindungi dari adanya godaan dan suatu gangguan setan yang mengikuti dari bayi tersebut ketika baru lahir.

3. Aqiqah ini dilakukan sebagai ucapan rasa syukur kepada allah SWT dan merupakan suatu bentuk ibadah juga kepada allah.

4. Dengan adanya aqiqah ini dapat menjadikan tali persaudaraan menjadi lebih kuat dan lebih rukun lagi dari biasanya.

5. Membebaskan anak tersebut dari ketergadaikan dengan cara melakukan aqiqah

6. Dengan adanya aqiqah ini dapat menjadikan pembelaan bagi orang tua nantinya di alam kubur.

7. Menghindari anak atau bayi yang di aqiqah tersebut dari kehancuran dan musibah seperti pengorbanan yang dilakukan oleh ismail dan ibrahim.

8. Aqiqah ini juga dijadikan sebagai pembayaran hutang orang tua kepada sang anak tersebut.

9. Mengugkapkan rasa kegembiraan demi tegaknya agama islam dan keluarnya keturunan yang selanjutnya akan memperbanyak umatnya nabi muhammad SAW.

10. Sebagai sumber jaminan sosial dan menghapus angka kemiskinan yang ada di masyarakat.