Home Artikel aqiqah Syarat Dan Rukun Aqiqah

Syarat Dan Rukun Aqiqah

7
0
syarat rukun aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu ibadah kepada allah yang dilakukan dalam seumur hidup sekali. Dalam dalam waktu yang hanya satu kali ini dilakukan maka kita harus mengerjakannya dengan sungguh – sungguh, baik dan benar.

Namun, sebelum melakukan aqiqah ini ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu syarat dan rukun aqiqah ini. Sehingga anda bisa melaksanakan ibadah aqiqah in dengan baik dan benar.

Syarat Aqiqah

Dalam pelaksanaan suatu ibadah yaitu aqiqah tentu saja mempunyai syarat – syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan ibadah aqiqah ini, karena jika syarat – syarat ini tidak dilakukan dengan baik dan benar maka proses aqiqah ini dianggap tidak sah atau penyembelihan hewan aqiqah ini baik kambing ataupun domba akan dianggap sebagai penyembelihan hewan seperti biasanya.

Berikut ini ada beberapa syarat aqiqah yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Hewan aqiqah

Hewan aqiqah yang digunakan yaitu harus memenuhi syarat sebagai hewan aqiqah. jika menggunakan domba maka domba tersebut harus sehat dan dalam kondisi yang baik, umurnya pun minimal setengah tahun.

Jika menggunakan kambing maka umurnya minimal adalah satu tahun dan kambing tersebut dalam kondisi yang baik dan sehat. Kemudian, kambing tersebut ataupun domba tersebut tidak ada cacat dalam tubuhnya. Syarat hewan aqiqah ini sebenarnya sama saja dengan syarat hewan kurban.

  1. Penyembelihan hewan aqiqah

Dalam proses penyembelihan harus menyebut nama Allah SWT dan sebaiknya juga menyebutkan nama orang yang akan dilakukan aqiqah tersebut. Bahkan ada juga yang membaca sholawat nabi setelah membaca basmalah dan membaca takbir setelah sholawat atas nama nabi

  1. Penyerahan daging hewan aqiqah

Setelah dilakukan proses penyembelihan pada hewan aqiqah selanjutnya daging hewan aqiqah tersebut diolah atau dimasak dan diberikan kepada fakir miskin dan juga diberikan kepada tetangga.

Rukun Aqiqah

Rukun merupakan sesuatu yang harus dipenuhi atau dituruti sebagai syarat sah suatu amalan atau pekerjaan. Maka, jika rukun ini tidak dapat terpenuhi maka suatu amalan atau pekerjaan tersebut dianggap menjadi tidak sah.

Rukun aqiqah yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut ini :

  1. Rukun aqiqah tentang pelaksanaan aqiqah

Aqiqah dilaksanakan pada hari ke tujuh kelahiran dari bayi tersebut namun jika orangtua belum mampu maka bisa dilakukan pada hari ke 14, jika masih belum mampu maka bisa dilakukan pada hari ke 21 atau juga bisa dilakukan sampai benar – benar mampu.

Namun jika orangtua bayi tersebut tidak mampu maka tidak dilakukan aqiqah tidak apa – apa karena hukum aqiqah ini adalah sunah muakad yang artinya jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa.

  1. Rukun aqiqah tentang pencukuran rambut bayi

Rambut bayi dicukur pada hari ke tujuh bayi itu dilahirkan yang bertepatan dengan pemberian nama bayi tersebut tersebut dan juga dilakukannya proses aqiqah yaitu penyembelihan hewan aqiqah berupa kambing ataupun domba yang sudah memenuhi syarat sebagai hewan aqiqah.

 

Hal ini dilakkan sebagai rasa syukur kepada allah atas apa yang sudah diberikan pada yaitu seorang bayi kepada orangtua tersebut.

  1. Rukun aqiqah tentang apa yang harus dilakukan dengan cukuran rambut sang bayi

Sesuai dengan apa yang sudah ada dalam beberapa dalil yaitu bahwa rambut hasil dari cukuran rambut bayi tersebut ditimbang dan hasil timbangannya itu di ukur atau di hitung harga perak seberat hasil timbangan tersebut.

Yang kemudian dari hasil perhitungan itu di sedekahkan kepada orang – orang yang membutuhkan atau fakir miskin yang sangat membutuhkannya.