Home Artikel aqiqah Contoh Undangan Aqiqah

Contoh Undangan Aqiqah

11
7

Aqiqah merupakan suatu bentuk ibadah atau rasa syukur sebagai umat muslim karena telah dikaruniai buah hati atau bayi. Aqiqah hukumnya sunah muakad dan ada pula ulama yang beranggapan bahwa aqiqah itu hukumnya wajib bagi umat muslim.

Ibadah aqiqah ini dilakukan dengan pemotongan hewan aqiqah yaitu kambing, kambing tersebut bisa menggunakan kambing jantan ataupun kambing betina dan untuk anak laki – laki ibadah aqiqah ini dilakukan dengan pemotongan 2 ekor kambing sedangkan untuk anak perempuan dengan pemotongan 1 ekor kambing.

Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam melakukan ibadah aqiqah seperti memilih kambing aqiqah, tata cara menyembelih hewan aqiqah, mengolah atau memasak hewan aqiqah dan membuat undangan aqiqah.

Undangan Aqiqah

Undangan aqiqah merupakan suatu keharusan bagi orang yang beraqiqah agar orang lain mengetahui siapa yang melakukan ibadah aqiqah dan undangan ini banyak contoh dan jenisnya. Undangan ini berbeda bentuknya dengan undangan pernikahan ataupun undangan yang lainnya. Undangan ini lebih simpel dalam tampilannya dan biasanya berukuran kecil.

Undangan ini sejatinya berfungsi sebagai pelengkap ataupun pemanis dalam bingkisan aqiqah yang akan diberikan dan sebelum memberikan bingkisan aqiqah tersebut, orang yang beraqiqah memberikan undangan terlebih dahulu kepada penerima undangan

Untuk membuat undangan aqiqah anda menjadi lebih menarik anda bisa menggunakan software komputer seperti coreldraw, photoshop dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini anda bisa mengatur dan mendesainnya sesuai keinginan anda.

Dengan hanya bermodalkan software komputer tersebut anda juga bisa menghemat uang anda karena tidak perlu menyuruh orang lain atau menggunakan jasa orang lain dalam membuat undangan tersebut dan hal ini pun menjadi kesan untuk anda sendiri karena membuat undangannya sendiri untuk acara anak kesayangan anda.

Undangan ini bisa anda berikan untuk keluarga, kerabat serta tetangga anda karena semakin banyak banyak anda mengundang orang maka semakin banyak juga doa yang akan diberikan untuk yang melakukan aqiqah tersebut.

Tata Cara Membuat Undangan Aqiqah

Dalam membuat undangan aqiqah sebaiknya kita membuatnya dengan sesimpel atau secantik mungkin agar tampilan undangan tersebut lebih berkesan untuk penerima ataupun lebih menarik untuk dilihat bagi penerima undangan.

Dalam membuat sebuah undangan aqiqah anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu :

  1. Singkat, padat dan jelas

Dalam membuat suatu undangan anda harus menggunakan bahasa yang baik dan benar yaitu bahasa indonesia yang sopan. Kata – kata yang digunakan juga harus jelas dan tidak berbelit – belit dalam penyampaiannya sehingga memudahkan penerima mengerti maksud dari undangan tersebut. Kemudian, sebaiknya undangan ini berbentuk yang simpel dan padat isinya.

  1. Pembukaan undangan aqiqah

Dalam membuat undangan ini sebaiknya menggunakan salam pembuka karena hal ini merupakan cara yang sopan untuk menyapa penerima undangan dan untuk pembukaannya anda bisa menggunakan dalil – dalil tentang aqiqah untuk membuat penerima mengerti tentang aqiqah dan lebih berkesan.

  1. Isi undangan aqiqah

Isi yang terdapat dalam undangan ini yaitu berupa tanggal pelaksanaan aqiqah, tempat aqiqah dan rangkaian acara yang akan dilakukan pada acara aqiqah tersebut. Isi ini harus jelas dan padat sehingga penerima akan lebih mudah dalam memahaminya.

  1. Penutup undangan aqiqah

Dalam membuat penutup undangan ini yaitu sebaiknya membuat harapan agar penerima undangan iniuntuk bisa menghadiri atau datang pada acara aqiqah tersebut serta menggunakan kata penutup atau salam penutup yang baik layaknya salam pembuka.

Contoh Undangan Aqiqah

Berikut adalah contoh undangan aqiqah:

<pre>Assalamualaikum wr.wb

Dengan Rahmat dan Ridlo Allah Subhanahu Wata’ala,
Alhamdulillah kehadirat Illahi Rabbi atas lahirnya Putra pertama kami yang
bernama :

Sukma Ayu Piranti

Bersama dengan ini kami memohon dengan hormat kepada Bapak/ Saudara
Sekalian untuk dapat hadir dalam acara tasyakuran/ aqiqah putra kami,
yang insyaaallah akan diselenggarakan pada :

Hari : Sabtu
Tanggal : 25 Maret 2015
Pukul : 19.00 WIB ( Ba’da Isya’ )
Tempat : Kediaman Bpk. Jaenudin

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/
Saudara sekalian bisa menghadiri acara kami, dan semoga kita mendapat
syafaat dari sisi Allah SWT. Amiin…
Dan atas segala perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Hormat kami,

Bpk . Jaenudin
Sekeluarga</pre>

Download Contoh Surat Aqiqah disini

 

7 COMMENTS

Comments are closed.