Home Artikel Sumedang Kuliner Makanan Terkenal Di Sumedang

Kuliner Makanan Terkenal Di Sumedang

3
0

Selamat datang di website Namira Aqiqah, disini admin akan sedikit membahas tentang Sumedang. disini selain tempat wisata sumedang yang banyak dan asri, di Sumedang juga banyak kuliner – kuliner yang lumayan terkenal, salah satunya tahu sumedang. jadi yang lagi wisata di sumedang ngga ada salahnya mencoba makanan yang ada di sumedang.

Sumedang menggambarkan suatu kabupaten yang masuk dalam daerah administratif provinsi Jawa Barat. Kabupaten Sumedang menggambarkan kawasan wilayah yang terdiri dari 26 kecamatan serta dibagi dalam sebagian kelurahan serta desa. Sumedang merupakan ibukota Kabupaten yang terletak dekat 45 km diukur dari Kota Bandung. Sumedang dilintasi jalan utama Bandung Cirebon yang menggambarkan jalan utama untuk para pemudik ataupun para turis. Jalur jalur ke Sumedang tidak cuma melulu tentang obyek wisata alamnya. Boleh boleh saja berkunjung ke sebagian tempat wisata Sumedang, tetapi kamu pula wajib merasakan sensasi menyantap sajian kuliner khas Sumedang.

Kuliner santapan khas dari Sumedang memiliki cita rasa yang telah tidak diragukan lagi. Banyak sekali opsi alternatif menu santapan yang dapat kamu coba kala berkunjung ataupun hanya mampir ke kota ketahui tersebut. Untuk kamu yang telah sempat ke Sumedang, tentu hendak sering di dengar dengan sebagian nama santapan dibawah ini. Sebaliknya untuk kamu yang belum sempat ke Sumedang, tidak terdapat salahnya bila kamu menyempatkan mencicipi seluruh tipe santapan khas Sumedang dibawah ini. Bila kamu merancang buat liburan ke kota ketahui Sumedang, hingga kamu tidak boleh melupakan macam sajian kuliner khas Sumedang yang dijadim dapat menggugah selera kamu. Apa sajakah santapan khas Sumedang yang sanggup menggugah selera tersebut? Berikut pembahasan dari tempatwisataindonesia. id spesial buat kamu. Lets check this out!

Ketahui Sumedang merupakan tipe olahan ketahui yang berasal dari wilayah Sumedang. Ketahui Sumedang ini menggambarkan salah satu jajanan khas wilayah Sumedang, Jawa Barat yang sangat populer. Tidak cuma di Jawa Barat, jajanan satu ini pula populer di Indonesia. Sebab mempunyai cita rasa yang lezat, Ketahui Sumedang sangat di minati oleh warga serta jadi salah satu icon kuliner kota Sumedang.

Konon katanya, sejarah Ketahui Sumedang ini bermula dari kreativitas seseorang imigran dari Tiongkok bernama“ ong kino” berbarengan dengan istrinya. Ong kino sudah menggeluti penciptaan ketahui ini sampai tahun 1917, serta di lanjutkan kepada anaknya bernama ong bung keng. Bagi cerita turun– temurun, Pada sesuatu hari bupati Sumedang, Pangeran Soeria Atmadja kebetulan melintas dengan memakai dokar dalam perjalanannya mengarah situraja. Setelah itu memandang seseorang menggoreng suatu. Bupati itupun penasaran serta mengicipinya, nyatanya sangat lezat. Kemudian bupati itu juga menganjurkan kepada bung keng buat menjualnya. tidak lama sehabis peristiwa itu bung keng menjualnya, nyatanya ketahui ini sangat di gemari oleh warga Sumedang serta senantiasa terkenal hingga saat ini. Penciptaan ketahui dari bung keng Ini terus tumbuh sampai saat ini. Tempat penjualannya

terletak di pusat kota Sumedang, tetapi tidak membuka cabang di tempat lain.

Ketahui Sumedang ini mempunyai cita rasa yang berbeda dengan ketahui lainya. Penggalan luarnya yang renyah serta penggalan dalamnya yang lembut serta gurih pasti membagikan sensasi serta cita rasa yang berbeda dikala menyantapnya. Ketahui Sumedang ini sangat lezat dikala dinikmati selagi hangat. Sebab apabila di simpan sangat lama hendak nampak layu serta mempunyai rasa yang berbeda. Buat melindungi mutu serta rasa kita dapat menyimpannya di kulkas.

Ketahui Sumedang ini sangat cocok apabila di santap berbarengan cabe rawit ataupun di cocol dengan saus yang dibuat dari cabe rawit, tauco serta tomat. Tidak hanya itu dapat kita makan berbarengan lontong nasi sangat cocok buat menunda lapar. Buat kesehatan, Ketahui Sumedang ini sangat sehat sebab proses pembuatannya masih tradisional serta tanpa pengawet. Sehingga kamu tidak butuh takut buat menikmatinya.

Ubi Cilembu

Santapan khas Sumedang tidak hanya ketahui yang lumayan populer merupakan ubi Cilembu. Ubi Cilembu berbeda dengan tipe ubi pada biasanya sebab ubi Cilembu lebih mirip dengan ubi madu. Ubi Cilembu menggambarkan santapan khas Sumedang yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Tanjungsari. Produk unggulan Pemerintah Kabupaten Sumedang ini mempunyai satu keunikan berbentuk hasil getah yang meleleh serta memiliki rasa manis nan lengket semacam madu kala dipanggang di dalam oven. Kala digigit juga rasanya sangat manis dan teksturnya pulen serta lembut. Ubi Cilembu telah terkenal semenjak tahun 1990- an dimana rasa manis alamiah dari ubi Cilembu ini teruji bisa berikan bonus tenaga untuk siapapun yang mengkonsumsinya. Berani meyakinkan?

Soto Bongko

Berikutnya terdapat soto bongko yang mempunya makna bungkusan besar. Soto bongko disajikan berbarengan dengan lontong yang ditaruh dalam bungkusan besar. Tidak hanya memakai lontong, soto bongko pula disajikan berbarengan dengan potongan ketahui kuning yang telah digoreng, tauge, dan siraman kuah kari bersantan yang berisikan badan ayam semacam kepala, sayap ataupun juga ceker. Lumayan unik ya! Tidak kurang ingat taburan bawang goreng saat sebelum soto bongko ini siap buat dimakan dan bonus telur rebus serta satu sendok sambal supaya cita rasanya lebih mantap serta lezat. Kamu tentu hendak menyesal bila berkunjung ke Kabupaten Sumedang tanpa mencicipi soto bongko khas Sumedang ini.

Oncom

Santapan khas Sumedang Jawa Barat ini banyak kamu temukan di Desa Pasireungrit, Kecamatan Paseh. Oncom bagaikan santapan yang terkenal di seantero Jawa Barat ini pula telah go international. Bila oncom umumnya terbuat dari ampas ketahui, oncom Pasireungrit terbuat dengan ampas ketela yang dicampur olahan kacang tanah ataupun diucap bagaikan bungkil.

Salak Bongkok

Siapa sangka bila Sumedang mempunyai tipe salak yang memiliki rasa lezat. Namanya merupakan salak bongkok. Rasa salak bongkok dominan manis serta asam dan membagikan sensasi menyegarkan dikala dimakan. Dimensi salak bongkok juga lebih besar dari salak pada biasanya. Aroma buahnya harum serta jadi buah yang istimewa sebab mengenakan air Sumedang. Bila ditanam di laur tanah wilayah Bongkok, katanya rasanya jadi tidak istimewa lagi. Salak ini banyak dihasilkan oleh penduduk yang tinggal di wilayah Bongkok, Kecamatan Paseh, Sumedang. Salak bongkok dapat kamu peruntukan alternatif oleh oleh khas Sumedang buat sanak kerabat ataupun sahabat dekat kamu.

Tape Singkong

Tape singkong diketahui dengan nama peyeum sampeu menggambarkan santapan asli Sumedang yang dibuat dari ketela tumbuhan ataupun singkong opsi. Santapan ini terkenal di tanah Priangan, tetapi banyak dihasilkan oleh para pengusaha yang terletak di wilayah Cigandel. Singkong yang diperuntukan bahan dasar membuat tape singkong umumnya merupakan tipe singkong mangu ataupun singkong mentega sehingga cita rasanya jadi khas tidak tertandingi lagi. Sistem membuat santapan khas Sumedang bernama tape singkong ataupun peyeum sampeu ini lumayan gampang. Kamu dapat langsung menanyakannya kepada pengusaha tape singkong dikala membeli panganan khas Sumedang ini. Yang menarik lagi, tape singkong dikala ini telah diinovasikan jadi bermacam varian rasa serta dikemas dalam kemasan yang menarik. Sangat layak diperuntukan oleh oleh khas Sumedang sebab rasanya nikmat serta gampang buat dibawa.